Jika kita simak istilah strategi berasal dari
bahasa yunani yaitu strategos yang artinya suatu usaha untuk
mencapai kemenangan dalam suatu peperangan awalnya digunakan dalam lingkungan
militer namun isilah strategi digunakan dalam berbagai bidang yang memiliki
esensi yang relatif sama termasuk diadopsi dalam konteks pembelajaran yang
dikenal dengan istilah strategi pembelajaran
Ada 4 strategi dasar
dalam belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut :
1.
Menidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi
perubah.an tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.
Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan
aspirasidan pandangan hidup masyarakat.
3.
Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik
belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat
dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajar.
4.
Norma-norma menetapkan dan batas minimal keberhasilan atau
kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru
dalam melakukan evaluasi hasil kegitan belajar mengajar yang selanjutnya akan
dijadikan umpan balikbuat penyempurnaan yang bersangkutan secara keseluruhan.
a.
Strategi
pembelajaran langsung
Strategi pembelajaran
langsung merupakan pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru. Bahan pelajaran disajikan dalam bentuk
jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan tersebut. pembelajaran langsung
biasanya bersifat deduktif.
b.
Strategi pembelajaran tak langsung
Strategi ini sering
disebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan
penemuan. Pembelajaran berpusat pada peserta didik, guru hanya sebagai
fasilitator, dan pengelola lingkungan belajar, peserta didik diberi kesempatan
untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
c.
Strategi pembelajaran interaktif
Pembelajaran ini
menekankan pada diskusi dan sharing diantara peserta didik. Diskusi dan sharing
memberi kesempatan peserta didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman,
pendekatan, pengetahuan guru atau teman sebaya serta untuk membangun cara
berfikir dan merasakan.
d.
Strategi
pembelajaran empiric (experiential)
Pembelajaran empirik
berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik, dan berbasis
aktivitas.
e.
Strategi pembelajaran mandiri
Strategi pembelajaran
mandiri merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif
individu, kemandirian, dan peningkatan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar