Alat peraga matematika adalah hal-hal yang
abstrak dapat disajikan dalam bentuk model-model berupa benda konkrit yang
dapat dilihat,dipegang.diputar balikan sehingga dapat lebih mudah dipahami.
Belajar anak akan meningkat bila ada motivasi.
Karena itu dalam pengajaran diperlukan factor – factor yang dapat memotivasi
anak belajar, bahkan untuk pengajar. Misalnya : pengajarabn supaya menarik,
dapat menimbulkan minat, sikap guru dan penilaian baik; suasana sekolah bagi
guru menyenangkan, ada imbalan bagi guru yang baik, dan lain – lain.
Selanjutnya konsep abstrak yang baru dipahami siswa itu akan mengendap, melekat, dan tahan lama bila siswa belajar melalui perbuatan dan dapat dimengerti siswa, bukan hanya melalui mengingat – ingat fakta.
Karena itulah, dlm pembelajaran matematika kita sering menggunakan alat peraga. Dengan menggunakan alat peraga maka :
Selanjutnya konsep abstrak yang baru dipahami siswa itu akan mengendap, melekat, dan tahan lama bila siswa belajar melalui perbuatan dan dapat dimengerti siswa, bukan hanya melalui mengingat – ingat fakta.
Karena itulah, dlm pembelajaran matematika kita sering menggunakan alat peraga. Dengan menggunakan alat peraga maka :
- Proses belajar mengajar termotivasi. Baik siswa maupun guru, dan terutama siswa, minatnya akan timbul. Ia akan senang, terangsang, tertarik, dan karena itu akan bersikap positif terhadap pengajaran matematika.
- Konsep abstrak matematika tersajikan dalam bentuk kongkrit dan karena itu lebih dapat dipahami dan dimengerti, dan dapat ditanamkan pada tingkat – tingkat yang lebih rendah.
- Hubungan antara konsep abstrak matematika dengan benda – benda di alam sekitar akan dapat dipahami.
- Konsep – konsep abstrak yang tersajikan dalam bentuk konkrit yaitu dalam bentuk model matematik yang dapat dipakai sbg objek penelitian maupun sebgai alat untuk meneliti ide – ide baru dan relasi baru menjadi bertambah banyak.
CONTOH ALAT PERAGA MATEMATIKA
a.Alat Peraga Tabung dan Kerucut
Alat peraga ini terdiri dari tabung tanpa tutup atas dan kerucut tanpa alas yang terbuat dari pelat besi. Dalam hal ini ukuran tinggi tabung di buat sama dengan ukuran tinggi kerucut dan jari-jari alas tabung sama dengan jari-jari alas kerucut.
Cara kerja alat peraga ini adalah sebagai berikut:
1.
Mempersiapkan
alat dan bahan praktek alat peraga yaitu berupa alat peraga tabung
alat perga kerucut dan pasir.
alat perga kerucut dan pasir.
2.
Kerucut
diisi penuh dengan pasir dan kemudian pasir yang ada dalam kerucut
dituangkan ke dalam tabung.
dituangkan ke dalam tabung.
3.
Kegiatan
pada nomor 2 dilakukan tiga kali. Setelah itu akan diperoleh kesimpulan
bahwa volume kerucut adalah 1/3 dari volume tabung.
bahwa volume kerucut adalah 1/3 dari volume tabung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar