Dalam
mengenal dan memahami karakter peserta didik, seorang guru hendaknya telah
memiliki bekal dalam ilmu psikologi pendidikan, psikologi anak dan ilmu
psikologi perkembangan. Di saat seorang guru telah memiliki bekal ilmu
psikologi pendidikan, ilmu psikologi pendidikan dan psikologi anak seorang guru
pastinnya tidak mendapatkan kesulitan disaat memberikan materi kepada peserta
didiknya karena seorang guru telah memahami banyaknya karekter peserta didik
yang berada di hadapannya. Disiplin ilmu ini sudah mulai dilupakan atau
kurang diperhatikan guru sehingga kesulitan demi kesulitan dialami guru ketika
berhadapan dengan peserta didik. Banyak masalah yang dihadapai peserta didik
yang tidak terlalu berat tetapi karena kurang tepatnya pendekatan dan terapi
yang digunakan guru dalam menyelesaikan masalah itu. Hal ini tidak menghasilkan
penyelesaian secara tuntas dan masalah itu tetap menyelimuti peserta didik yang
memberatkan langkahnya dalam meraih cita-cita.
Seorang
guru dapat juga menjadi seorang motivator dan member sugesti yang positif bagi
peserta didiknya. Dan seorang guru juga memberikan solusi bagi peserta didiknya
agar dapat menyelesaikan maslahnya dengan baik
dan tuntas.
Dan
seorang guru harus dapat meberikan contoh yang baik bagi peserta didiknya,
seperti: harus bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya, bersikap jujur,
saling tolong menolong dengan sesama teman. Mengenal dan mememahami peserta didik dapat
dilakukan dengan cara memperhatikan dan menganalisa tutur kata (cara bicara ),
sikap dan prilaku atau perbuatan anak didik, karena dari tiga apek di atas
setiap orang (anak didik ) mengekspresikan apa yang ada dalam dirinya (karakter
atau jiwa ). Untuk itu seorang guru harus secara seksama dalam berkomunikasi
dan berinteraksi dengan peserta didik dalam setiap aktivitas pendidikan.
Bagi seorang guru mengenal dan memahami karakter
peserta didik itu guru akan dapat menyesuaikan karakter-karakter peserta
didiknya. Dan guru akan memberikan tugas sesuai dengan kemampuan peserta
didiknya masing-masing, agar tidak mebuat peserta didikya merasa kesulitan
ketika menyelesaikan tugasnya.
Begitu pentingnya mengenal dan memahami
karakter peserta didik maka seorang guru harus meluangkan waktunya bersama
peserta didik dan memberikan perhatian yang maksimal pada peserta didik dalam
membimbing mereka pada tercapainya tujuan pendidikan.Sesungguhnya keberadaan
dan kesunguhan guru dalam melaksanakan tugas akan memberikan energi positif
bagi peserta didiknya dalam mewujudkan harapan indah meraih cita-cita yang luar
biasa.
Di kutip dari blog Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar